Mengelola Keuangan Usaha Bagi Pemula

Kalau sampai hari ini kamu merasa omset penjualan besar, tapi labanya selalu habis tanpa sisa. Bisa dipastikan kamu belum tahu cara mengelola keuangan usaha dengan tepat!
Mungkin pengalaman seperti ini juga pernah kamu alami ketika memulai usaha baru. Kesalahan besar yang sering dilakukan pemula adalah tidak memisahkan antara keuangan usaha dengan uang pribadi.

Jadi tidak perlu heran kalau uang usaha selalu habis tanpa sisa termakan untuk keperluan sehari-hari, sedangkan uang pribadi juga ikutan ludes digunakan untuk menutupi biaya operasional usaha.

Lalu, Bagaimana Mengelola keuangan usaha yang benar?

Tak hanya dituntut pandai mempromosikan produk jualannya saja, ternyata sebagai pemula kamu juga harus tahu cara mengatur keuangan usaha dengan baik serta mampu mengontrol semua pemasukan maupun pengeluaran usaha.

Sedikitnya ada 5 cara bagaimana mengelola keuangan usaha yang harus diketahui para pemula, agar kamu tak sampai bangkrut di tahun pertama merintis usaha. Yuk simak bersama kelima tips keuangan usaha di bawah ini!

Pertama, pisahkan keuangan usaha dengan uang pribadi milikmu.

Hal ini yang masih sering dilupakan para pemula, mereka menganggap usahanya masih kecil jadi belum perlu memisahkan uang pribadi mereka dengan uang usaha. Padahal itu menjadi salah satu kesalahan utama yang bisa mengganggu arus kas usaha. Sebab dengan menggabungkan kedua uang tersebut, maka kamu akan kesulitan dalam mengontrol pemasukan maupun pengeluaran usaha. Oleh karena itu, sekecil apapun usahamu sebaiknya pisahkan uang usaha dan uang pribadi. Agar kamu dapat mencatat semua transaksi usaha dengan rapi.

Kedua, tentukan berapa persen dana yang dijadikan modal usaha.

Seperti berapa persen uang yang digunakan untuk operasional usaha, berapa persen laba yang kamu tetapkan, berapa persen uang untuk cadangan kas usaha, serta berapa persen uang yang digunakan untuk pengembangan usaha. Biasanya besar prosentase yang ditentukan masing-masing pengusaha tidak sama. Yang terpenting cara tersebut, bisa membantu kamu mengelola keuangan usaha sesuai dengan porsi yang sudah ditentukan diawal memulai usaha.

LIHAT : JASA WEBSITE MURAH di PEKANBARU

Ketiga, buatlah laporan keuangan usaha yang rapi setiap bulan.

Adanya pembukuan bertujuan untuk mengontrol semua transaksi keuangan baik pemasukan, pengeluaran, serta hutang dan piutang yang dimiliki usaha. Selain itu laporan keuangan bulanan juga akan mempermudah kamu untuk mengevaluasi perkembangan usaha secara berkala.

Keempat, sebisa mungkin hindari resiko hutang usaha.

Mengembangkan usaha dengan cara berhutang, memang diperbolehkan. Namun berhati-hatilah dengan hutangmu, sebab bila kondisi keuangan usaha kurang baik. Adanya beban cicilan hutang usaha, hanya akan memperburuk kondisi keuangan usahamu. Jadi, kalau pemasukan yang ada belum bisa memenuhi kebutuhan operasional setiap bulan, sebisa mungkin kurangi resiko berhutang.

Kelima selalu kontrol arus kas usahamu.

Bila arus kas kamu lancar, maka segala kewajiban yang harus dibayarkan juga bisa terpenuhi. Dengan begitu aktivitas bisnis bisa berjalan lancar dan arus kas usaha bisa terus bertumbuh dan berjalan lancar.

Nah, itu dulu kelima cara bagaimana mengelola keuangan usaha dari BisnisUKM.com. Kalau kamu punya tips lainnya yang belum kami tulis, bisa sharing bareng dan diposting di kolom komentar kami untuk menambah wawasan bagi sesama pelaku usaha.

Semoga tips keuangan usaha diatas bisa membantu kamu yang saat ini sedang mengawali usaha. Selamat mencoba dan salam sukses.

source : https://bisnisukm.com/tips-cerdas-mengelola-keuangan-usaha-buat-kamu-yang-masih-pemula.html

Post author

Leave a Reply