Strategi Mendatangkan Pengunjung ke website

Strategi Mendatangkan Pengunjung ke Website

Tanpa pengunjung/ visitor, semua website yanga anda buat akan sia-sia. Oleh karna itu, mulai hari ini anda akan belajar mengenai strategi dan cara mendatangkan visitor ke website atau disebut  traffic generation . untuk selanjutnya , kami akan lebih sering menyebutnya dengan istilah traffic yang sama artinya dengan visitor . dan pada hari ini , kami akan memberikan gambaran besar  dan beberapa konsep mendasar dulu tentang traffic agar anda lebih mudah memahami mendatangkan  strategi  mendatangkan visitor.

Target  Traffic

Apa  target traffic ? secara sederhana bisa di artikan sebagai traffic yang sesuai dengan target. Jika punya website, anda tidak hanya ingin mendapatkan visitor atau traffic, tetapi visitor yang sesuai dengan target anda. Sebagai contoh, anda punya website di bidang kesehatan, tepatnya menjual vitamin untuk lansia. Tentu tiadak ada gunanya bagi anda jika yang datang adalah orang yang sedang mempersiaipkan pesta pernikahan atau orang muda yang ingin menngurus berat badan . mereka  tidak sesuai dengan target pasar anda. Mereka akan langsung meninggalkan  website anda karena menganggapnya tidak relepan dengan apa yang mereka cari (dalam hal ini , tidak relevan secara demografis ).

 Nah kata kunci dalam stratregi mendatangkan traffic adalah relevan dengan website anda adalah sia sia. Anda tidak saja rugi  dari segi waktu , tenaga , dan uang, tetapi juga akan kecewa dengan hasilnya. Google menjadi sebesar sekarang karena mereka mengerti pentingnya relevensi.  Mereka berjuang menjadi search enghine mereka menghasilkan result yang paling relevan dengan apa yan kita ketik di kotak search.

  Oleh karena itu , jangan senang dulu bila website anda dikunjungi oleh 1.000 vsitor setiap hari, sebab yang penting bukan sekedar jumlha visitor, tetapi berapa banyak yang merupakan targeted visitor. Ingat : targeted traffic yang lebih sedikit jauh lebih sedikit berharga daripada traffic yang banyak tetapi tidak sesuai  dengan target . fokuskan upaya anda untuk mendatangkan targeted traffic dalm semua strategi yang nantinya anda gunakan.

Tiga kelompok strategi mendatangkan traffic

Sesungguhnya ada banyak strategi dalam mendatangkan traffic ke website, namun, kita akan membahas yang popular  dan sering di gunakan saja . dan berdasarkan analisis yang kami lakukan , semua itu bisa di kategorikan menjadi tiga kelompok yaitu:

  1. Search engine
  2. Other high traffic website
  3. Direct traffic

Traffic dari search engine

Salah satu sumber traffic yang paling di cari orang adalah search engine riset menunjukan, lebih dari 90 persen pengguna internet menggunakan search engine dalam mencari informasi atau produk. Masing masing dari mereka rata rata  menggunakan search engine lebih dari 30 query per hari. Jadi, jika muncul di halamam pertama search engine untuk keyword yang relevan , website anda pasti banyak dikunjungi, jumlah search engine sebenarnya mencapai ratusan di seluruh dunia, tetapi yang terbesar dan paling banyak di gunakan adalah google, yahoo, dan MSN, traffic dari search engine bisa berasal  dari dua bagian yaitu :organic (free) result dan paid result,

Bagian sebelah kanan dari search engine di sebut iklan ppc ( pay per click) di mana pemasangan iklan (advister) akan membayar setiap kali iklannya di klik oleh visitor. Bagian sebelah kiri sering di sebut organic result dimana anda tidak perlu membayar  untuk tampilan di sana, tetapi search engine lah yang menentukan website apa  dan urutan yang akan tampil berdasarkan banyak factorStrategi untuk mendapatkan traffic dari organic result sering disebut search engine optimization (SEO).

 Other high traffic website

Kelompok strategi yang kedua ini adalah mendapatkan traffic melalui website lain yang memiliki high traffic. Ini mirip dengan apa yang sering terjadi di bisnis konvesional. Bila merasa sulit mendatangkan pengunjung ke toko anda, anda “membawa” barang dagangan anda ketempat ramai, seperti pasar atau mal. Sejauh relevan dengan kebutuhan pengunjung di tempat itu, barang anda akan laku .

 Nah, dalam bisnis internet, yang termasuk high traffic website antara lain adalah youtube, enzinearticles, social media web 2.0 (seperti Twitter, myspace, facebook, dan lain lain),ebay, dan masih banyak lagi, untuk pasar local di Indonesia, ada banyak website iklan baris (classified ads) yang popular dan high traffic. Dan strategi  yang termasuk dalam kategori ini juga ada yang free dan yang berbayar. Kita akan membahasnya dalam materi hari ke-27 dan ke-28.

Direct traffic

Ini  adalah kelompok strartegi dimana visitor langsung datang ke website anda tanpa melalui website lain. Beberapa strategi yang termasuk dalam kategori ini adalah:

  • Marketing e-mail atau list building
  • Mendistribusikan free PDF e-book dengan link ke website anda.
  • Mencantumkan alamat website di kartu nama anda.
  • Membangun affililate program sehingga banyak orang bisa mempromosikan website anda.
  • Offline media,seperti brosur, iklan di majalah,dan sejenisnya.

Free traffic vs paid traffic

Saat mulai mempelajari strategi mendatangkan traffic ke website, anda akan menemui strategi traffic yang gratis dan yang berbayar. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan, dan mana yang lebih baik untuk anda tergantung pada situasi anda . namun, kami menyarankan anda untuk mempelajari terlebih dahulu strategi traffic yang akan kami jelaskan ( ada strategi yang gratis dan ada yang berbayar) lalu pilih salah satu yang ingin anda pelajari secara intensif. Setelah itu baru anda gunakan yang lainnya. Jadi sebenarnya anda perlu menguasai baik stratregi traffic yang gratis maupun berbayar. Dalam bisnis, anda perlu melakukan diversifikasi, tidak tergantung pada salah satu produk, satu pelanggan, atau satu pemasok. Begitu pula dalam bisnis internet, jangan tergantung pada satu sumber traffic, jika ada masalah di salah satu sumber, anda masih punya sumber lain sehingga bisnis anda tetap berjalan.

Mengapa perlu menelusur sumber traffic?

Yang perlu anda tahu bukan saja sumber traffic yang datang ke website anda, tetapi yang lebih penting adalah sumber traffic mana yang mendatangkan keuntungan bagi anda. Anda perlu mengetahui strategi traffic mana yang efektif dan yang tidak. Dengan demikian, anda bisa menghemat uang atau waktu. Sesuatu yang anda inginkan bukan? Itulah sebabnya pada level tertentu, kesibukan anda bukan lagi membuat website atau mendatangkan traffic, tetapi melakukan testing dan penelusuran (tracking) atas sumber traffic.

Post author

There are 5 Comments

  1. Posted by Sandhy Reply

    Terima kasih atas informasinya. akan saya coba ke Web baru saya :)

    Terima kasih, Salam CETAKAN BENTO

  2. Posted by nurul Reply

    Bisa bantu saya ndak gan untuk optimasi web saya ini tq

  3. Posted by klipangstore Reply

    supaya traffic ke blog kita langkah apa yg harus dilakukan atau plugin khusus apa yg yg harus digunakan mohon petunjuknya soalny saya masih newbie untuk masalah ini terima kasih salam kenal

  4. Posted by ganda Reply

    Terimakasih infonya semoga bermanfaat

  5. Posted by Kucari Reply

    artikel sangat bermanfaat :)

Leave a Reply